Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu destinasi wisata yang paling banya dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Banyuwangi. Setelah tutup hampir 1 tahun akibat pembatasan aktifitas selama pandemi covid-19, sejak 4 Januari 2022 kemarin TN Baluran sudah kembali dibuka. TN Baluran memiliki  daya pikat yang kuat, sehingga banyak pengunjung berbondong – bondong untuk datang begitu kawasan ini dibuka secara umum.

Taman Nasional Baluran dengan luas total 25.000 ha, memiliki banyak spot menarik, mulai dari hamparan savanah yang luas yakni kurang lebih 10.000ha dari total luas wilayahnya, kawasan hutan lindung tempat tinggal binatang endemik, kawasan hutan mangrove, aneka ragam jenis burung, hingga keindahan biota laut yang tak kalah kerennya.

Dari berbagai Spot yang ada, Taman Nasional Baluran memiliki ciri khasnya sendiri. Yang membuat siapapun yang datang tidak akan bosan walau sudah berkunjung seharian. Tidak heran juga jika, berbagai spot yang ada digunakan banyak calon pengantin untuk melakukan photoshoot prawedding mereka. Bahkan, lokasi Taman Nasional Baluran beberapa kali sudah digunakan sebagai lokasi syuting film, music video maupun sinetron di televisi Nasional.

Jalur menuju Taman Nasional Baluran
Berada di perbatasan antara wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Taman Nasional Baluran bisa dikunjungi melalui 2 jalur Kabupaten.

Mobil : jika menggunakan mobil pribadi,

  • Awal : Banyuwangi menuju arah Situbondo, hingga sampai ke gapuran ‘Taman Nasional Baluran’, berjarak sekitar 47 Km atau bisa ditempuh 1 jam 20 menit.
  • Awal : Situbondo menuju arah Banyuwangi, setelah lepas kawasan hutan akan ada gapura ‘Taman Nasional Baluran’, berjarak sekitar 35 Km dari Pusat kota Situbondo atau bisa ditempuh 1 jam perjalanan.

Bus : Jika menggunakan Bus, bisa mengambil arah ketapang Banyuwangi. Atau dari terminal Banyuwangi menuju Situbondo, jangan lupa untuk memberi intruksi pada kernet , jika tujuannya adalah Taman Nasional Baluran.

Kereta api : Bisa berhenti di Stasiun terakhir yakni Stasiun Ketapang – Banyuwangi, setelah itu turun bisa lanjut naik Bus dari pinggir jalan.

Pesawat : Pilih pemberhentian di Bandara Blimbingsari, bisa memesan layanan taxi Online untuk menuju Taman Nasional Baluran atau menggunakan jasa Travel Agent yang sudah dipesan sebelumnya.

Kapal Laut : Dari pelabuhan ketapang bisa naik bus arah situbondo, lalu berhenti di depan gapuran Taman Nasional Baluran.

Jarak tempuh dari Gapuran Taman Nasional Baluran menuju Savannah bisa ditempuh 45 menit dengan kendaraan yang jarak kurang lebih 12 kilometer dengan jalan sudah beraspal. Dari Savannah Bekol menuju Pantai Bama kurang lebih 20 menit yang berjarak 3,5 km.

 

Waktu Berkunjung ke Baluran
Jam bukanya adalah setiap hari mulai pukul 07.30-16.00 WIB.
Biasanya para satwa akan keluar dari hutan di sore hari, dan saat terbaik berkunjung di Taman Nasional Baluran adalah saat matahari terbenam.

Harga tiket masuknya :
Untuk Wisata Domestic

  • Rp 16.000 /orang pada hari biasa
  • Rp 18.500/orang pada hari libur.

Biaya parkirnya

  • Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua,
  • Rp 10.000 untuk roda empat
  • Rp 50.000 untuk roda enam.

 Sementara harga tiket untuk wisatawan manca Negara

  • Rp 165.000/orang pada hari biasa
  • Rp 240.000/orang pada hari libur.

Biaya parkirnya

  • Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua,
  • Rp 10.000 untuk roda empat,
  • Rp 50.000 untuk roda enam.

 

Baluran Spot

  • Savannah Bekol , Merupakan padang rumput yang luas dengan iklim kering sepanjang tahun. Di sini merupakan Spot terbaik yang sering dikunjungi oleh wisatawan untuk berfoto ria mengabadikan moment di hamparan padang rumput yang berwarna cokelat dan latar gunung yang berdiri megah. Savannah Bekol merupakan padang rumput yang terluas di Pulau Jawa dengan binatang endemic Banteng. Tidak heran, jika Taman Nasional Baluran disebut sebagai The Little of Africa. Kita bisa melihat Banteng berkeliaran di area ini, dan juga jika beruntung kita juga akan bertemu merak cantik sedang berjalan – jalan di sekitar Savannah.

Salah satu spot foto favorit di Savana Bekol

  • Evergreen, merupakan area hutan hujan di tengah wilayah Taman Nasional Baluran yang hijau sepanjang tahun. Di sini banyak bermacam jenis burung tinggal, jangan lupa membawa Binocular jika ingin mengamati para burung di sini.
  • Pantai Bama, kawasan pantai berpasir putih yang indah, juga memiliki spot snorkeling dengan pemandangan sangat cantik.
  • Hutan Mangrove, kawasan pinggir hutan yang ditumbuhi oleh tumbuhan Mangrove yang sangat luas, memiliki jembatan dimana kita bisa berkeliling di dalam Hutan Mangrove.
  • Pantai Lempuyang, kawasan cantik yang jarang dikunjungi oleh orang karena medannya yang cukup sulit, namun jika bisa sampai di tempat ini keindahannya akan memukau pengunjung dengan pasir putih yang menyatu dengan laut biru.

 

Tips Sebelum berkunjung ke Taman Nasional Baluran

  1. Siapkan hasil rapid test Sebelum berkunjung, calon wisatawan domestic yang tiba dari luar Jatim wajib melakukan rapid test antigen dan menunjukkan hasil negatif wajib memiliki masa berlaku tiga hari sejak hasil dikeluarkan.
  2. Langkah selanjutnya adalah reservasi kunjungan melalui situs https://bit.ly/FormKunjunganTNBaluran. Sebab, tempat wisata tersebut membatasi kunjungan 950 orang per hari, jadi pastikan anda memiliki tiketnyat terlebih dahulu.
  3. Identitas diri jangan ketinggalan Satu hal yang paling penting adalah membawa identitas diri lengkap, baik itu KTP atau tanda pengenal lainnya.
  4. Bawa perlengkapan pribadi, seperti payung, alat makan, tirai dan semua kebutuhan pribadi. Karena, pihat Taman Nasional Baluran tidak memiliki layanan penyewaan barang apapun.
  5. Makanan dimakan sendiri saja, bawalah makanan secukupnya dan wajib dimakan di dalam mobil saja atau beberapa spot yang ditentukan demi keamanan dan kenyaman satwa maupun pengunjung.
  6. Dilarang buang sampah sembarangan ada baiknya kamu membawa kantung plastik pribadi sebagai tempat pembuangan sampah.
  7. Tidak diperkenankan untuk menyetir melebihi 40 km/jam demi ketenangan para satwa di sepanjang jalan.
  8. Jangan coret-coret dan lewati batas aman kunjungan TN Baluran
  9. Patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan 3M yang dimaksud adalah memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya :

Wisata Jawatan Banyuwangi – Discover Banyuwangi

Banyuwangi selalu menawan di mata wisatawan domestik maupun mancanegara. Baik dari keindahan alamnya atau dari sejarah dan budayanya. Perbincangan yang selalu hangat oleh wisatawan di Banyuwangi salah satunya adalah wisata De Jawatan Banyuwangi. Tempat wisata yang...

Wisata Pulau Merah Banyuwangi – Discover Banyuwangi

Wisata Pulau Merah Banyuwangi – Discover Banyuwangi

Wisata Pulau Merah Banyuwangi - Sebagai kabupaten yang menjadi destinasi favorit tujuan wisata di Jawa Timur, Banyuwangi juga kental akan budaya dan sejarahnya. Salah satu destinasi wisata yang populer adalah Pulau Merah. Salah satu pantai cantik yang ada di...

Kunang-Kunang Tent Resort, NFT Resort Pertama di Banyuwangi.

Kunang-Kunang Tent Resort, NFT Resort Pertama di Banyuwangi.

Belakangan ini Jagat Raya media sosial sedang dihebohkan dengan penjualan foto Selfie Ghozali dalam bentuk NFT atau Non Fungible Token melalui Marketplace Opensea yang terjual tembus hingga 14 Milyar . Foto Selfie yang diambil sejak tahun 2017 hingga 2022 itu awalnya...

Festival Padi Banyuwangi 2021, Destinasi Wisata Baru di Banyuwangi

Festival Padi Banyuwangi 2021, Destinasi Wisata Baru di Banyuwangi

Festival Padi Banyuwangi 2021 akan segera dibuka pekan depan, 20 September 2021. Berlokasi di dusun Rembang - Desa Banjar, Festival Padi 2021 akan menyuguhkan keindahan panorama persawahan dan pegunungan Ijen yang pastinya sangat instagramable. Disekitar persawahan...

Kawah Ijen, Destinasi Wisata Favorit Wisatawan

Kawah Ijen, Destinasi Wisata Favorit Wisatawan

Kawah Ijen merupakan danau kawah terasam di dunia, dimana keasamannya antara 0 hingga 0,8 nilai keasamaannya bervariasi tergantung musim hujan atau panas. Berada pada ketinggian 2.200 mdpl, kawah Ijen terbentuk akibat letusan gunung ijen yang kemudian membentuk danau...

BERWISATA KE BANYUWANGI SAAT PANDEMI, INI HAL YANG HARUS DILAKUKAN

BERWISATA KE BANYUWANGI SAAT PANDEMI, INI HAL YANG HARUS DILAKUKAN

Halo sobat discover, pasti sudah kangen liburan setelah 2 bulan lebih #dirumahaja karena masa PPKM. Saat ini level PPKM sudah diturunkan dan beberapa destinasi wisata sudah mulai dibuka termasuk Banyuwangi.  Buat kalian yang berencana liburan ke Banyuwangi, berikut...

TIPS MEMILIH TOUR OPERATOR YANG AMAN DAN NYAMAN SAAT PANDEMI

TIPS MEMILIH TOUR OPERATOR YANG AMAN DAN NYAMAN SAAT PANDEMI

Pandemi covid-19 memang membuat semua orang menunda banyak rencananya, termasuk rencana untuk berwisata. Namun sebagian dari kita mungkin tidak kuat jika hanya di rumah saja terus menerus. Jika sobat discover merasa perlu untuk berwisata guna melepas penat dan lelah,...

Banyuwangi, Kabupaten dengan Destinasi Wisata Terlengkap.

Banyuwangi, Kabupaten dengan Destinasi Wisata Terlengkap.

Banyuwangi telah dikenal sebagai kota pariwisata di Jawa Timur, saat ini Banyuwangi merupakan destinasi utama wisatawan Indonesia. Ini bukan tanpa alasan, karena Banyuwangi mempunya berbagai macam destinasi dari keindahan alam,...

AYO DISCOVER BANYUWANGI

With Protocol Covid-19

Sungai Badeng (Rafting), Air Terjun Telunjuk Raung

1H

Mulai 1 Orang

325.000

With Protocol Covid-19

Kawah Ijen, Kawah Wurung

1H

Mulai 1 Orang

250.000

With Protocol Covid-19

Destinasi: Djawatan Benculuk, pantai Mustika, pantai Wedi ireng, pantai Pulau merah, Bangsring underwater, pulau Tabuhan, waduk Bajulmati, TN Baluran, Kawah Ijen dan Kawah Wurung

3H2M

Minimal 10 Orang

1874997

With Protocol Covid-19

Djawatan, Agro Buah Naga, Pantai Mustika, Pantau Wedi Ireng, Pantai Pulau Merah, Pulau Menjangan, Pulau Tabuhan dan Bangsring Underwater, Kawah Ijen dan Kawah Wurung

3H2M

Mulai 1 Orang

1575000

With Protocol Covid-19

Djawatan Benculuk, pantai Mustika, pantai Wedi ireng, pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, Kawah Wurung

2H1M

Minimal 10 Orang

1025000

Hi Discover Banyuwangi